Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

konsep pemasaran adalah kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan.Pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.Dengan begitu kita dapat membedakan antara kebutuhan,keinginan,dan permintaan.

Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.

Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.

Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

manajemen pemasaran :

Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

maka dapat di tarik kesimpulan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

jadi ada 4 faktor yang mempengaruhi jalannya suatu kegiatan marketing atau manajemen marketing,di antaranya sebagai berikut:

– harga

-daerah pemasaran

-kegiatan promosi atau pemasaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan

-dan faktor utama yang paling penting yaitu produk itu sendiri.

Maka agar dapat terjadi penjualan yang optimal, maka diperlukan tata kelola manajemen pemasaran yang tepat pula.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan yang dapat membantu untuk menentukan harga dari suatu produk dengan tepat agar dapat bersaing dipasaran dan menghasilkan keuntungan yang tinggi bagi perusahaan:

  1. Sebaiknya menetapkan harga berdasarkan dari biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  2. Menetapkan harga berdasarkan permintaan.
  3. Menetapkan harga dari suatu produk dengan melihat harga persaingan yang ada di pasaran.

 

sumber:

a.http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html

b.http://go-kerja.com/manajemen-pemasaran/