kepadatan penduduk dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area dimana mereka tinggal.

Beberapa pengamat masyarakat percaya bahwa konsep kapasitas muat juga berlaku pada penduduk bumi, yakni bahwa penduduk yang tak terkontrol dapat menyebabkan katastropi malthus.

dan akibat kepadatan penduduk adalh sebagai berikut:

-berkurangnya ketersediaan lahan tuk hidup dan mendapatkan kehidupan yang layak.contohnya kurangnya lapangan kerja dan lain sebainya.

-kebutuhan udara bersih.udara bersih sangat lah penting untuk semua makhluk hidup yang ada di bumi ini.Sedangkan kepadatan penduduk mempengaruhi kurangnya lapangan hijau yang berfungsi untuk menciptakan udara yang bersih.

-kerusakan lingkungan.Dengan penduduk yang terlalu banyak maka tentunya sampah akan menumpuk dan akan mengakibatkan kerusakan lingkungan.Apalagi sifat asli manusia yang tidak pernah puas dan serakah.

-kebutuhan air bersih.Dengan rusaknya lingkungan tentunya berbagai pencemaran pun akan terjadi,salah satunya pencemaran air dan akan memngakibatkan kita akan kekurangan air bersih.

-kekurangan makanan.Dengan banyaknya penduduk maka perekonomian pun akan kacau balau.contohnya miningkatnya inflasi,kurangnya bahan makanan,dan permintaan lebih besar sari penawaran dan sebagainya.

maka ledakan penduduk harus di cegah dengan program Keluarga Berencana(KB).

 

sumber:

a.http://id.wikipedia.org/wiki/Penduduk

b.http://dipit89.wordpress.com/category/akibat-kepadatan-penduduk/

About these ads