Inflasi merupakan penyakit ekonomi yang tidak bisa diabaikan, karena dapat menimbulkan dampak yang sangat luas. Oleh karena itu inflasi sering menjadi target kebijakan pemerintah. Inflasi yang tinggi begitu penting untuk diperhatikan mengingat dampaknya bagi perekonomian yang bisa menimbulkan ketidakstabilan, pertumbuhan ekonomi yang lambat dan pengangguran yang senantiasa meningkat. Berkenaan dengan hal tersebut, upaya mengendalikan agar stabil begitu penting untuk dilakukan.
faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi sangatlah beragam,maka perlu diketahui bagaimana prilaku inflasi jangka pendek dan jangka panjang.
faktor yang menyebabkan inflasi adalah sebagai berikut:
1.inflasi tolakan kos
disebabkan oleh kenaikan kos pengeluaran yang tinggi.
contohnya jika kadar upah meningkat dengan tinggi,maka kos pengeluaran akan meningkat.
2.inflasi tarikan permintaan.
inflasi tarikan permintaan terjadi karena ketidak seimbangan antara permintaan dengan jumlah penawaran barang.
3.inflasi import
di sebabkan oleh dua faktor,yaitu peningkatan harga barang dan penuruna kadar pertukaran asing.
dan sebenarnya inflasi memiliki dampak positik dan dampak negatif terhadap perekonomian indonesia.namun tergantung seberapa berat inflasi yang ada i indonesia.
apabila inflasi berkadar rendah maka inflasi tersebut berdampak positif bagi indonesia.dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik.maksudnya dampak positif ini adalah:Dapat meningkatkan pendapatan nasiobal dan dapat membuat orang lebih giat dalam bekerja,menabung dan berinvestasi.
namun apabila inflasi berkadar berat atau parah maka inflasi tersebut menimbulkan dampak yang negatif.Dan yang akan terjadi adalah:keadaan perekonomian jadi kacau dan perekonomian terasa lesu atau hambar.Orang menjadi tidak semangat bekerja,menabung,berinvestasi dan berproduksi karena harga an meningkat dengan sangat cepat.Para penirama p[endapatan tetap seperti pegawai negeri atau karyawan swasta serta kaum buruh juga akan kewalahan menanggung dan mengimbangi harga sehingga hidup mereka menjadi semakin merosot dan terpuruk dari waktu ke waktu.
bagi kaum tersebut inflasi sangat lah merugikan,maka mari kita jaga negara tercinta kita ini dengan bijaksana….
sumber :
About these ads